Mail merge

 

Mail merge adalah sebuah surat yang dikirimkan ke orang atau penerima dengan isi yang sama, disebut juga sebagai surat massal, salah satu contohnya adalah surat undangan, sertifikat dll.


Cara menggunakan mail merge

1.Buatlah kerangka sertifikat atau surat undangan

2.Buka excel, masukkan datanya, dan save as

3.Setelah itu, buka dokumen kerangka sertifikat, surat undangan, dll yang tekat dibuat tadi

4.Pilih menu mallings, tekan select recipient dan pilih daya yang sudah di save sebelumnya 

5.Lalu tekan insert merge field, pilihlah nama yang tertera berdasarkan kalimat yang ingin diisi dengan data tersebut

6.Untuk melihat hasilnya bisa menekan preview results lali memilih segitiga yang kanan untuk next page dan segitiga yang kiri untuk previous page

Kelebihan mal merge: lebih menghemat waktu untuk mengirimkan pesan ke banyak orang dalam waktu sekaligus

kekurangan: lebih rumit dalam mengirimkan surat pada tahap awal karena banyak langkah-langkah yang harus dilalui dibandingkan dengan membuat secara manual


Comments

Popular posts from this blog

Naskah Pidato

Glide scratch